Catatan Perjalanan Tercecer Sulawesi Utara: Yesus Memberkati, Nuansa Religi di Pegunungan

Selain klenteng merah bersejarah yang terletak di area pecinan kota lama Manado, Sulawesi Utara. Saya dan rombongan bergerak ke atas bukit melewati ruas jalan Ring Road Trans Sulawesi tampak Patung Yesus Memberkati atau Yesus Blessed. Patung ini dilengkapi dengan replika Jalan Salib yang menceritakan perjuangan Tuhan Yesus ketika disalib. Patung ini adalah sebuah monumen Yesus Kristus yang terletak di kota Manado

Patung Yesus Memberkati diambil dari Perumahan Citraland. Foto-foto oleh Ageng Wuri.


Patung yang memiliki tinggi 50 meter dari permukaan tanah. Patungnya memiliki tinggi 30 meter dan 20 meter adalah tinggi penopangnya. Monumen ini terbuat dari 25 ton besi fibre dan 35 ton besi baja dan terletak pada bukit tertinggi di daerah Perumahan Citraland Manado. Monumen ini menjadi ikon terbaru kota Manado dan merupakan monumen Yesus Kristus kedua tertinggi di Asia dan tertinggi di dunia.Seperti yang kita ketahui patung ini ternyata mirip dengan patung Cristo Redentor di Rio de  Janeiro, Brasil.
Ide pembuatan monumen ini berasal dari Ir. Ciputra, tepatnya sejak tahun 2007. Ia merupakan seorang pengusaha kawakan di bidang properti di Indonesia. Monumen ini menghabiskan biaya sebesar kurang lebih Rp. 5 miliar.

Bergaya dengan latar belakang Patung Yesus Memberkati. 
Monumen Yesus Memberkati menjadi salah satu tempat tujuan wisata religi di Manado. Patung ini menghadap langsung ke Kota Manado dan Pantai Manado. Monumen Yesus Memberkati ini juga merupakan simbol kerukunan antar umat beragama yang dikenal sangat dijaga oleh masyarakat Sulawesi Utara.
Dengan kemiringan 35 derajat, patung Yesus ini memberi kesan seperti melayang dan condong ke depan. Dengan kata lain, monumen ini berarti satu-satunya patung Yesus yang dibangun dengan kemiringan. Patung Yesus dengan kesan melayang sembari mengangkat tangannya memberikan berkat kepada Kota Manado. Ditambah arah patung kota yang menghadap ke Kota Manado semakin memperlihatkan keindahan patung Yesus yang melayang dan memberkati Kota Manado ini. Sebagai ikon patung ini cocok sekali sebagai latar foto dan juga bisa menjadi bukti kehadiran kita di Kota Manado. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar